Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?

0
129

Pasti semua orang sudah tahu manfaat olahraga bagi kesehatan. Tubuh yang sehat, kuat, dan ideal adalah beberapa manfaat dari melakukan olahraga teratur. Tetapi kadang tidak tahu sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.

Di waktu pagi hari

Lara Carlson, Ph.D., seorang profesor ilmu olahraga di University of New England, mengatakan bahwa jika Anda ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolah raga. Berolah raga di pagi hari juga dapat membantu Anda menambah energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Di sore hari

Jika Anda tidak punya waktu di pagi hari, maka Anda bisa berolah raga di sore hari mulai jam 2:00  – jam 6:00 sore. Berolah raga di waktu sore dapat membantu mengontrol tekanan darah, tidur lebih baik, dan membuat otot lebih fleksibel.

Selama flu

Anda masih bisa berolahraga ketika pilek. Sebuah studi oleh Thomas G. Weidner, PhD. Ball State University mengatakan tubuh mengeluarkan endorfin selama olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala flu. Namun, jangan berolah raga berlebihan dan mengurangi posri  olahraga kurang lebih 50% dari olahraga kondisi sehat.

Saat menstruasi

Selama menstruasi, wanita cenderung malas untuk bergerak karena merasakan sakit. Para ahli mengatakan bahwa endorfin (biokimia dalam tubuh), yang disebut hormon kebahagiaan, dilepaskan oleh tubuh selama olahraga sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Seorang ahli fisiologi olahraga yaitu Stacy Sims, PhD. dari Stanford Prevention Research Center, menemukan bahwa menstruasi mungkin juga merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan intensitas olah raga serta membuat seorang wanita merasa lebih kuat dan kemudian membantu meringankan rasa sakit lebih cepat.

Baca Juga:   Beberapa tips efektif untuk menghemat bahan bakar
Disaat lelah

Penelitian telah menunjukkan bahwa energi seseorang setelah delapan jam kerja lebih besar daripada ketika mereka bangun. Jika Anda berolah raga dengan berjalan cepat atau melakukan kardio setelah jam kerja, hal tersebut akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here