Kenali jenis kopi Indonesia dari Gayo sampai Toraja

0
158

Indonesia memiliki beberapa jenis kopi yang terdapat dari Sabang hingga Marauke. Beberapa jenis kopi Indonesia memiliki rasa dan aroma istimewa dan setiap daerah memiliki bentuk budidaya yang berbeda. Menurut pusat data dan informasi Kementerian Pertanian, total konsumsi kopi nasional diperkirakan akan mencapai 370.000 ton pada 2021 dengan total pasokan 795.000 ton. Indonesia akan memiliki surplus 425.000 ton tahun ini.

Tingginya pasokan kopi pada tahun 2021 akan membuat Indonesia, yang sekarang dikenal sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia, untuk mengekspor kopi dari petani lokal ke luar negeri. Sebut saja Kopi Aceh Gayo, yang berkat aroma dan rasanya yang unik, telah memenangkan kopi paling mahal di dunia dibandingkan kopi Arabika lainnya. Apabila Anda penikmat kopi, Anda harus terlebih dahulu tahu jenis kopi Indonesia mana yang sukses mendunia.

Kopi Kintamani (Bali)

Jenis kopi Indonesia lainnya yang tidak kalah rasanya adalah kopi Kintamani Bali. Kopi ini berasal dari wilayah Kintamani, tepatnya di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Kopi Kintamani merupakan kopi Arabika dengan tingkat keasaman yang jauh lebih rendah daripada kopi Robusta. Aroma jeruk dan rasa agak pahit dari varietas kopi Indonesia membuatnya berbeda dari varietas Arabika lainnya. Asal usul aroma jeruk adalah bahwa produsen kopi Kintamani menanamnya di masa lalu di dekat kebun jeruk. kopi Kintamani merupakan salah satu kopi Indonesia yang telah diekspor ke banyak negara, termasuk Amerika Serikat sejak 1825.

Kopi Aceh (Gayo)

Aceh dikenal sebagai salah satu pemasok biji kopi Arabika terbesar di Indonesia. Kopi Aceh Gayo umumnya dipanen di dataran tinggi seperti kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues. Rasanya tidak terlalu terkonsentrasi (pekat) dengan keasaman yang seimbang, itulah sebabnya salah satu kopi Indonesia juga populer bagi mereka yang digolongkan sebagai bukan pecinta kopi asam.

Baca Juga:   Warung seafood murah dan lezat di Jakarta

Secara umum, karakter Kopi Gayo tidak berbeda secara signifikan dari kopi Indonesia lainnya seperti Kopi Sumatra. Hanya saja setelah mencicipi kopi Gayo memiliki rasa tertinggal di mulut dan cenderung lebih bersih. Kopi ini banyak digunakan di berbagai kafe. Tapi baru-baru ini terdapat kabar bahwa Kopi Gayo Aceh telah ditolak oleh beberapa negara Eropa. Alasannya karena kopi gayo mengandung bahan kimia glifosat berbahaya. Namun sampai satt ini tidak ada kepastian tentang nasib kopi Gayo Aceh, apakah benar-benar mengandung glifosat atau hanya permainan semata untuk menjatuhkan salah satu kopi Indonesia yang mendunia.

Kopi Liberika adalah Rangsang Meranti (Riau)

Sebagian dari kita mungkin belum tahu nama Kopi Liberika Rangsang Meranti. Bayangkan bahwa kopi dari salah satu desa di Regenti Meranti di provinsi Riau ini kurang populer daripada kopi Gayo. Tapi salah satu kopi Indonesia ini ternyata terkenal di negara-negara tetangga seperti Malaysia. Kopi Rangsang Meranti Liberika memiliki bentuk biji yang lebih besar daripada biji kopi Arabica dan Robusta.

Ketebalan biji kopi Liberika Meranti ini membuatnya dapat disimpan untuk waktu yang lama dan memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. Karena itu, aman untuk dikonsumsi lambung, walaupun porsinya tetap harus dibatasi.

Kopi Toraja (Sulawesi)

Kopi Toraja adalah salah satu jenis kopi Indonesia yang dikenal karena kepekatan warna biji kopinya serta bentuk bijinya yang tidak beraturan. Jadi jika Anda dihadapkan dengan berbagai jenis kopi di Indonesia, Anda pasti akan mengenali dengan mudah biji kopi Toraja. Kopi dengan nama latin Celeber Kalosi cenderung memiliki “aftertaste” yang tidak terlalu pahit dan sebenarnya seperti rasa buah. Tidak hanya itu, kopi Toraja asli Sulawesi juga memiliki aroma yang menyengat karena proses penaburan berlangsung di wilayah Tanah Toraja bersama dengan rempah-rempah.

Baca Juga:   Wisata kuliner makanan lezat dan terjangkau di kota Malang

Sekarang salah satu kopi Indonesia ini sebagian besar telah diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat. Kopi Toraja masih sangat populer di mata dunia dan telah dipatenkan oleh Key Coffee, sebuah perusahaan kopi Jepang terkenal yang menjualnya dengan nama produk Toarco Toraja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here