Latihan beban sederhana untuk mengurangi lemak

0
3

Sejauh ini, kelebihan lemak dan berat badan masih menjadi momok yang menakutkan bagi pecinta tubuh ideal. Terutama untuk wanita, sehingga banyak orang siap menggunakan banyak cara untuk tujuan ini.

Banyak ahli kesehatan berpendapat bahwa selain mengatur pola makan, ada cara efektif untuk menurunkan berat badan yaitu berolahraga. Olahraga yang dapat dipilih yaitu latihan kardio dan latihan beban. Alasannya adalah bahwa latihan ini dianggap sebagai pilihan yang tepat untuk membakar lemak serta menurunkan berat badan. Latihan kardio dianggap tepat karena dapat membakar lebih banyak kalori dan pada akhirnya mengurangi berat badan. Namun, latihan ini efektif apabila Anda memahami tekniknya yang tepat.

Tidak hanya latihan kardio, latihan beban juga bisa menurunkan berat badan. Latihan beban selama ini identik dengan latihan membentuk otot, namun secara bertahap dapat mengurangi lemak jika dilakukan dengan benar. Jika Anda kehilangan banyak lemak, maka Anda dapat menurunkan berat badan. Menurut seorang ahli rehabilitasi medis, latihan beban masih bisa mengurangi berat badan, meski tidak sebanyak latihan kardio.

Cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan latihan endurance. Namun latihan beban juga bisa dilakukan asalkan sesuai dengan aturan. Pada prinsipnya, setiap latihan yang dilakukan secara teratur tentu akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Jadi tidak hanya penurunan berat badan, tetapi juga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Tujuan dari latihan beban adalah untuk membangun otot-otot tubuh. Karena fungsi otot itu sendiri adalah alat untuk membakar lemak. Lemak normal disimpan dalam jaringan otot. Jika seseorang kelebihan berat badan karena lemak, peran otot sebagai timbunan lemak tidak lagi mencukupi. Itu sebabnya lemak menyebar di luar otot di beberapa tempat.

Baca Juga:   Waktu yang tepat untuk melakukan tes kolesterol
Prinsip-prinsip latihan beban

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat latihan beban. Tujuannya agar hasil yang diharapkan bisa tercapai, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Langkah pertama adalah mengukur beban berat paling optimal yang dapat diangkat selama 10 detik. Misalnya, kemampuan mengangkat hingga 10 kilogram. Kemudian buat acuan untuk mengangkat beban dalam 5 hari.

Mencoba mengambil 25% dari beban maksimum. Contoh untuk beban 10 kg maka 25% adalah 2,5 kg. Kemudian angkat beban tersebut selama 10 detik. Tingkatkan dari hari kedua ke hari berikutnya sampai beban yang telah ditentukan pada hari kelima. Jika beban 10 kg dapat dicapai di sesi pertama, lima hari berikutnya harus diukur lagi. Kemudian beban meningkat. Jadi jika putaran pertama hanya dapat mengangkat beban 10 kg, putaran berikutnya harus lebih tinggi, misalnya 15 kg.

Jika aturan diikuti berat badan akan turun sendiri. Setelah mengetahui prinsip dasar latihan beban untuk menurunkan berat badan, selanjutnya fokus pada otot, terutama untuk melatih otot-otot besar. Karena otot yang besar ini, latihan beban menjadi lebih optimal. Karena membakar lebih banyak kalori bisa maksimal. Jika kalori secara teratur dan terus menerus terbuang, berat badan secara bertahap berkurang.

Latihan beban dengan porsi yang sesuai

Terdapat hal lain yang tidak boleh diabaikan, yaitu berlatih sesuai posinya. Karena kemampuan setiap orang berbeda. Jika tidak sesuai, maka risiko cedera bahkan lebih besar. Agar dapat mengetahui berapa berat beban yang dapat diangkat, misal ketika mengangkat berat beban tertentu sangat sulit dengan ekspresi muka tidak kuat, maka itulah berat maksimal yang dapat diangkat.

Sebaliknya, jika orang tersebut dapat mengangkat beban berulang kali, itu berarti itu bukan beban maksimum. Kemampuan untuk mengangkat beban tertentu secara bertahap meningkat. Kemudian evaluasi selanjutnya dibutuhkan untuk menentukan beban maksimum baru. Lebih penting lagi, praktikkan prinsip dan keterampilan sehingga latihan berhasil tetapi tidak cedera.

Baca Juga:   Beberapa tips efektif untuk menghemat bahan bakar
Berbeda dari endurance

Jika Anda mempelajari latihan beban  dan latihan ketahanan (endurance), ada beberapa kesamaan. Apabila Anda mampu mengangkat beban yang berat dan dapat melakukannya berulang kali, hal tersebut bukan hanya latihan beban, tetapi juga latihan ketahanan. Namun, latihan beban tidak mungkin dilakukan dengan pengulangan. Karena bebannya cukup berat. Jika beban dengan banyak pengulangan tidak terlalu berat, itu berarti endurance. Latihan beban yang sesungguhnya dapat dilakukan bila mencapai tingkat mahir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here