Penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan

0
129

Selama musim hujan, penting bagi kita untuk mempersiapkan segalanya. Salah satunya adalah mengantisipasi masalah kesehatan dan penyakit. Selama musim hujan, banyak virus dan penyakit dengan mudah menyerang tubuh ketika tubuh berada dalam kondisi kurang fit. Terdapat berbagai penyakit yang muncul pada saat musim hujan, penyakit tersebut berpotensi membunuh jika tidak diobati dengan menyeluruh dan cepat. Berikut ini adalah beberapa  penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan.

Infeksi saluran pernapasan (ISPA)

ISPA sering menyerang tubuh manusia, terutama anak-anak dalam kondisi cuaca ekstrem terutama saat musim hujan. Virus dan bakteri akan menyebar dan berkembang lebih mudah di bagian-bagian saluran pernapasan, seperti sinus, saluran pernapasan, dan bahkan paru-paru. Virus dan bakteri yang masuk di salah satu saluran pernapasan ini nantinya akan menyebar ke seluruh saluran pernapasan, menyebabkan kesulitan bernapas dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Demam berdarah (DBD)

Ketika musim hujan datang, maka salah satu penyakit yang paling sering memakan korban adalah demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh jenis nyamuk aides aigepty. Penyebab utamanya adalah hujan yang menyebabkan adanya genangan air dan kebersihan lingkungan yang buruk.

Lepstopirosis

Bakteri lepstospira sp merupakan penyebab penyakit Lepstopirosis. Penyakit Ini adalah salah satu penyakit paling rentan selama musim hujan dan banjir. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui urin tikus, yang umumnya dibawa oleh banjir dan kemudian masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit, mata dan hidung yang terluka. Jika Anda terjangkit penyakit berbahaya ini, Anda akan mengalami sakit kepala, kecemasan dan bahkan depresi.

Penyakit kulit

Tampaknya sepele ketika Anda berbicara tentang penyakit kulit. Namun, tidak lagi sepele ketika musim hujan dan banjir melanda daerah Anda. Karena penyakit kulit bisa sangat mengkhawatirkan dan membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk perawatan. Adapun penyakit kulit yang pada umumnya terjadi selama musim hujan dan banjir adalah herpes simpleks, kutu air, dan jamur.

Baca Juga:   Alasan mengapa berolahraga di rumah lebih murah
Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang pada umumnya muncul selama musim hujan. Infeksi bakteri salmonella typhi merupakan penyebab dari penyakit tifus. Jika Anda menderita tifus, Anda akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here