Waktu yang tepat untuk melakukan tes kolesterol

0
150

Ketika Anda mendengar kata kolesterol, pikiran Anda pasti langsung menuju pada masalah kesehatan yang serius. Pernahkah Anda mendengar tentang kolesterol low density lipoprotein (LDL)? Kelompok lipoprotein (lemak dan protein) tuganya adalah mengangkut kolesterol, trigliserida, dan lemak lain/lipid dalam darah ke berbagai bagian tubuh lain. Kadar LDL yang tinggi menyebabkan kolesterol menumpuk di arteri, itulah sebabnya sering disebut sebagai kolesterol jahat. Sulit untuk mengetahui kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena itu, tes kolesterol rutin dianjurkan sebelum kadar kolesterol naik. Dengan demikian kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk tes kolesterol?

Waktu yang tepat untuk memeriksa kadar kolesterol Anda

Jika Anda adalah orang dewasa yang sehat tanpa faktor risiko penyakit jantung, tes kolesterol dianjurkan setidaknya setiap lima tahun. Namun, jika di masa lalu Anda menderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi atau memiliki faktor risiko lain yang berhubungan dengan penyakit jantung, maka Anda memerlukan tes kolesterol lebih sering serta mengambil profil lipid lengkap. Adapun Faktor risiko lain yang menyebabkan penyakit jantung adalah:

  • Merokok
  • Usia (pria: 45 tahun lebih, perempuan: 55 tahun ke atas)
  • Riwayat keluarga penyakit jantung prematur (penyakit jantung di bawah usia 55 pada pria atau di bawah usia 65 pada wanita)
  • Hipertensi
  • Diabetes mellitus
  • Kegemukan atau obesitas.

Tes kolesterol ini harus dilakukan jika Anda sehat. Jika Anda baru saja mengalami serangan jantung, memiliki penyakit serius seperti kanker atau memiliki infeksi kronis, setelah operasi atau kecelakaan serius, Anda harus menunggu setidaknya 6 minggu untuk setiap penyakit untuk mendapatkan hasil pengukuran kolesterol yang tepat. Tes kolesterol selama kehamilan tidak dianjurkan karena tingginya kadar kolesterol selama kehamilan. Ibu harus menunggu setidaknya enam minggu setelah kelahiran bayi untuk mendapatkan pengukuran kolesterol yang tepat.

Baca Juga:   Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?
Puasa sebelum tes kolesterol

Jika Anda ingin menentukan kadar kolesterol Anda, maka disarankan untuk puasa 12 hingga 14 jam sebelumnya. Tes kolesterol dilakukan sesegera mungkin tanpa sarapan, karena lemak yang baru saja dicerna dari makanan dapat mengubah hasil tes. Selain puasa, aktivitas berat harus dilakukan selama 24 jam sebelum pemeriksaan. Hal ini karena kelelahan, bisa sangat mempengaruhi hasil tes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here